CARA MEMPELAJARI KURIKULUM MERDEKA
SECARA MANDIRI BAGI PEMULA
Penulis : Agus (samasatugu)
Tahapan
implementasi kurikulum bukanlah suatu peraturan atau standar yang ditetapkan
Pemerintah. Tahapan ini dirancang untuk membantu pendidik dan satuan pendidikan
dalam menetapkan target implementasi Kurikulum Merdeka. Kesiapan pendidik dan
satuan pendidikan tentu berbeda-beda, oleh karena itu tahapan implementasi ini
dirancang agar setiap pendidik dapat dengan percaya diri mencoba
mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Kepercayaan diri yang dimaksud merupakan
keyakinan bahwa pendidik dapat terus belajar dan mengembangkan kemampuan
dirinya untuk melakukan yang terbaik dalam mengimplementasikan kurikulum, dan
yang lebih penting lagi, dalam mendidik. Kemampuan untuk terus belajar
merupakan modal penting bagi pendidik.
1.
Miliki
aplikasi atau Platform Merdeka Mengajar Melalui
a. Smartphone dengan cara unduh (download)
aplikasi beta Merdeka mengajar di Play store.
b. Komputer, laptop dengan cara
masuk web. https://guru.kemdikbud.go.id/
2.
Pelajari
Materi-materi berikut sesuai dengan alurnya.
Materi 1 : Kebijakan Kurikulum
Merdeka Secara Umum
Materi ini dianjurkan untuk seluruh satuan pendidikan yang
mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, baik mandiri belajar, mandiri berubah,
maupun mandiri berbagi.
Tujuan Mempelajari Materi 1:
- Pendidik memahami aspek-aspek Kurikulum Merdeka
secara umum.
- Pendidik memahami tiga pilihan Implementasi Kurikulum
Merdeka, yaitu mandiri belajar, mandiri berubah, dan mandiri berbagi.
- Pendidik memahami tahapan-tahapan implementasi
Kurikulum Merdeka untuk setiap aspeknya.
Materi
Belajar yang Dapat Dirujuk |
Navigasi
Akses Materi |
Estimasi
Durasi |
Menu
di Platform Merdeka Mengajar |
Kepmendikbudristek
No. 56 Tahun 2022 dan lampirannya |
Platform
Merdeka Mengajar : Menu
Info Terkini (Pada Bagian Atas Halaman Beranda) |
- |
Info
Terkini |
Filosofi
dan Prinsip Kurikulum Merdeka |
Topik
Pelatihan Mandiri : 1.
Merdeka Belajar 2.
Kurikulum Merdeka |
5
Jam |
Pelatihan
Mandiri |
Materi 2 : Capaian Pembelajaran, Perencanaan
Pembelajaran dan Asesmen
Materi
ini dianjurkan untuk satuan pendidikan yang akan menggunakan Capaian
Pembelajaran untuk sebagian atau seluruh mata pelajaran.
Tujuan Mempelajari Materi 2:
- Memahami struktur Capaian Pembelajaran.
- Memahami penggunaan Capaian Pembelajaran (CP) untuk
perencanaan pembelajaran dan asesmen.
- Memahami kebijakan terkait perencanaan pembelajaran,
bahwa pendidik dapat mengembangkan alur tujuan pembelajaran secara mandiri
atau menggunakan contoh yang disediakan dalam Platform Merdeka Mengajar.
- Memahami metode pengembangan alur tujuan
pembelajaran.
- Memahami pembelajaran sesuai dengan tahapan peserta
didik (teaching at the right level) serta implikasinya terhadap
perencanaan pembelajaran dan asesmen.
Materi
Belajar yang Dapat Dirujuk |
Navigasi
Akses Materi |
Estimasi
Durasi |
Menu
di Platform Merdeka Mengajar |
Panduan
Pembelajaran dan Asesmen |
Menu
Tentang Kurikulum Merdeka → Penerapan Kurikulum Merdeka → Panduan Pelaksanaan
Kurikulum Merdeka |
- |
Tentang
Kurikulum Merdeka |
Topik
: Kurikulum Merdeka |
Modul
2 : Kurikulum Merdeka |
1
Jam |
Pelatihan
Mandiri |
Topik
: Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan dan Karakteristik Murid |
Modul
1 : Memahami Murid Modul
2 : Persiapan Pembelajaran Berdiferensiasi |
2
Jam |
|
Topik
: Perencanaan Pembelajaran (sesuai jenjang) |
Modul
2 : Membuat dan Memodifikasi Modul Ajar |
1
Jam 15 menit |
|
Dokumen-dokumen
atau contoh-contoh ATP |
Menu
Tentang Kurikulum Merdeka → Penerapan Kurikulum Merdeka |
- |
Tentang
Kurikulum Merdeka |
Dokumen-dokumen
atau contoh-contoh Modul Ajar |
Menu
Perangkat Ajar (Pilih Mata Pelajaran dan Fase Yang Sesuai) |
- |
Perangkat
Ajar |
Materi 3 : Asesmen
Materi
ini dianjurkan untuk satuan pendidikan yang akan menggunakan Capaian
Pembelajaran untuk sebagian atau seluruh mata pelajaran.
Tujuan Mempelajari Materi 3:
- Memahami kebijakan asesmen dalam Kurikulum Merdeka,
bahwa asesmen yang dikuatkan adalah asesmen formatif.
- Memahami pentingnya asesmen formatif di awal untuk
pembelajaran sesuai tahap capaian peserta didik (teaching at the right
level).
- Memahami proses pengolahan dan pelaporan hasil
asesmen.
Materi
Belajar yang Dapat Dirujuk |
Navigasi
Akses Materi |
Estimasi
Durasi |
Menu
di Platform Merdeka Mengajar |
Panduan
Pembelajaran dan Asesmen |
Menu
Tentang Kurikulum Merdeka → Penerapan Kurikulum Merdeka → Panduan Pelaksanaan
Kurikulum Merdeka |
15
menit |
Tentang
Kurikulum Merdeka |
Topik
: Asesmen (Sesuai Jenjang) |
Keseluruhan
Modul |
3,5
Jam |
Pelatihan
Mandiri |
Membantu
Praktik Asesmen Awal Pembelajaran |
Menu
Asesmen Murid Menu Perangkat Ajar (Pilih Mata Pelajaran dan Fase Yang
Sesuai) |
- |
Asesmen
Murid |
Materi
4 : Struktur Kurikulum dan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP)
Materi
ini dianjurkan untuk satuan pendidikan yang akan menggunakan
Kurikulum Merdeka dengan mengubah struktur kurikulum satuan pendidikan (mandiri
berubah atau mandiri berbagi). Informasi cara mempelajari KOSP bisa
dilihat di sini.
Tujuan Mempelajari Materi 4:
- Memahami struktur Kurikulum Merdeka dan
karakteristiknya secara umum, bahwa ada 2 komponen struktur, memahami
pengaturan jam pelajaran serta mata pelajaran yang diajarkan.
- Memahami perbedaan struktur Kurikulum Merdeka dengan
K13.
Materi
Belajar yang Dapat Dirujuk |
Navigasi
Akses Materi |
Estimasi
Durasi |
Menu
di Platform Merdeka Mengajar |
Lampiran
I Kepmendikbudristek No. 56 Tahun 2022 : -
Tentang Struktur Kurikulum -
Bagian VI tentang Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) |
Platform
Merdeka Mengajar : Menu
Info Terkini (Pada Bagian Atas Halaman Beranda) |
10
menit |
Info
Terkini |
Panduan
Pengembangan Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan (KOSP) |
Menu
Tentang Kurikulum Merdeka → Penerapan Kurikulum Merdeka → Panduan Pelaksanaan
Kurikulum Merdeka |
- |
Tentang
Kurikulum Merdeka |
Topik
: Kurikulum Merdeka |
Modul
1 : Kurikulum |
1
jam |
Pelatihan
Mandiri |
Modul
1 : Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) |
1
jam |
Materi
5 : Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Materi
ini dianjurkan untuk satuan pendidikan yang akan melaksanakan projek penguatan
profil pelajar Pancasila
Tujuan Mempelajari Materi 5:
- Memahami bahwa profil pelajar Pancasila adalah tujuan
dari rangkaian kebijakan Merdeka Belajar termasuk Kurikulum Merdeka.
- Memahami bagaimana profil pelajar Pancasila
dipelajari dalam lingkungan satuan pendidikan
- Memahami peran projek penguatan profil pelajar
Pancasila dalam menguatkan upaya pengembangan karakter dan kompetensi
dalam profil pelajar Pancasila.
- Memahami pengembangan modul projek penguatan profil
pelajar Pancasila.
Materi
Belajar yang Dapat Dirujuk |
Navigasi
Akses Materi |
Estimasi
Durasi |
Menu
di Platform Merdeka Mengajar |
Lampiran
I Kepmendikbudristek No. 56 Tahun 2022 tentang projek penguatan profil
pelajar Pancasila |
Platform
Merdeka Mengajar : Menu
Info Terkini (Pada Bagian Atas Halaman Beranda) |
10
menit |
Info
Terkini |
Panduan
Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila |
Menu
Tentang Kurikulum Merdeka → Penerapan Kurikulum Merdeka → Panduan Pelaksanaan
Kurikulum Merdeka |
15
menit |
Tentang
Kurikulum Merdeka |
Keputusan
Kepala BSKAP No. 009 Tahun 2022 tentang Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil
Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka |
Menu
Informasi Terkini |
- |
Info
Terkini |
Topik
: Profil Pelajar Pancasila (sesuai jenjang) |
Modul
8 : Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran |
6
jam |
Pelatihan
Mandiri |
Contoh-contoh
modul projek penguatan profil pelajar Pancasila |
Menu
Perangkat Ajar |
- |
Perangkat
Ajar |
Materi
6 : Perangkat Ajar
Materi
ini dianjurkan untuk satuan pendidikan yang akan menggunakan Kurikulum Merdeka
dengan mengubah struktur kurikulum satuan pendidikan (mandiri berubah atau
mandiri berbagi)
Tujuan Mempelajari Materi 6:
- Memahami kebijakan tentang perangkat ajar yang dapat
digunakan dan dikembangkan
- Memahami fungsi dan pengembangan modul ajar
- Memahami fungsi dari Komunitas Belajar sebagai wadah
untuk belajar, berkolaborasi, bersama-sama mengembangkan perangkat ajar,
dan saling berbagi praktik baik dengan sesama rekan pendidik di daerah
masing-masing
Materi
Belajar yang Dapat Dirujuk |
Navigasi
Akses Materi |
Estimasi
Durasi |
Menu
di Platform Merdeka Mengajar |
Topik
: Perencanaan Pembelajaran |
-
Modul 1 : Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) -
Modul 2: Membuat dan Memodifikasi Modul Ajar |
2,5
jam |
Pelatihan
Mandiri |
Topik
: Perencanaan Pembelajaran (sesuai jenjang) |
Modul
2 : Membuat dan Memodifikasi Modul Ajar |
1
jam 15 menit |
|
Dokumen-dokumen
atau contoh-contoh Modul Ajar |
Menu
Perangkat Ajar (Pilih Mata Pelajaran dan Fase Yang Sesuai) |
- |
Perangkat
Ajar |
3. Aksi segera
bertindak
Jangan ragu apalagi takut menyelenggarakan
kurikulum merdeka telah ada narasumber yang bapak, ibu butuhkan kami siap
berbagi praktik baik bersama narasumber SMAN 1 Gu Buton Tengah Provinsi Sulawesi
Tenggara.
No |
Nama
Narasumber |
Jabatan |
No.
HP. E-mail |
1 |
Amruddin, S.Pd |
Kepala Sekolah |
0822-9071-8433 |
2 |
Agus, S.Pd |
Wakasek Urusan kurikulum |
0852-7041-6405 |
3 |
Imran, S.Pd |
Wakasek Urusan Kesiswaan |
0857-5717-5549 |
4 |
La Eru, S.Pd |
Guru Matematika Senior |
0822-9071-7227 |
5 |
Arla, S.Pd |
Guru PKn Senior |
0823-8115-5862 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar