22 Desember 2022

CARA MEMPELAJARI KURIKULUM MERDEKA SECARA MANDIRI BAGI PEMULA

 

CARA MEMPELAJARI KURIKULUM MERDEKA SECARA MANDIRI BAGI PEMULA

Penulis : Agus (samasatugu)


Implementasi perubahan kebijakan pendidikan, termasuk kurikulum, adalah suatu proses pembelajaran yang panjang sehingga Pemerintah memberikan kesempatan kepada pendidik dan satuan pendidikan untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka sesuai dengan kesiapan masing-masing. Seperti halnya peserta didik belajar sesuai dengan tahap kesiapan belajar mereka, pendidik dan satuan pendidikan juga perlu belajar mengimplementasikan Kurikulum Merdeka sesuai dengan kesiapan masing-masing, dan berangsur-angsur semakin mahir dalam menggunakannya.

Tahapan implementasi kurikulum bukanlah suatu peraturan atau standar yang ditetapkan Pemerintah. Tahapan ini dirancang untuk membantu pendidik dan satuan pendidikan dalam menetapkan target implementasi Kurikulum Merdeka. Kesiapan pendidik dan satuan pendidikan tentu berbeda-beda, oleh karena itu tahapan implementasi ini dirancang agar setiap pendidik dapat dengan percaya diri mencoba mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Kepercayaan diri yang dimaksud merupakan keyakinan bahwa pendidik dapat terus belajar dan mengembangkan kemampuan dirinya untuk melakukan yang terbaik dalam mengimplementasikan kurikulum, dan yang lebih penting lagi, dalam mendidik. Kemampuan untuk terus belajar merupakan modal penting bagi pendidik.

1.       Miliki aplikasi atau Platform Merdeka Mengajar Melalui

a.       Smartphone dengan cara unduh (download) aplikasi beta Merdeka mengajar di Play store.

b.       Komputer, laptop dengan cara masuk web. https://guru.kemdikbud.go.id/

  

2.       Pelajari Materi-materi berikut sesuai dengan alurnya.

Materi 1 : Kebijakan Kurikulum Merdeka Secara Umum 

Materi ini dianjurkan untuk seluruh satuan pendidikan yang mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, baik mandiri belajar, mandiri berubah, maupun mandiri berbagi. 

Tujuan Mempelajari Materi 1: 

  1. Pendidik memahami aspek-aspek Kurikulum Merdeka secara umum.
  2. Pendidik memahami tiga pilihan Implementasi Kurikulum Merdeka, yaitu mandiri belajar, mandiri berubah, dan mandiri berbagi.
  3. Pendidik memahami tahapan-tahapan implementasi Kurikulum Merdeka untuk setiap aspeknya.

 

Materi Belajar yang Dapat Dirujuk 

Navigasi Akses Materi 

Estimasi Durasi

Menu di Platform Merdeka Mengajar

Kepmendikbudristek No. 56 Tahun 2022 dan lampirannya

Platform Merdeka Mengajar : 

Menu Info Terkini (Pada Bagian Atas Halaman Beranda)

-

Info Terkini

Filosofi dan Prinsip Kurikulum Merdeka 

Topik Pelatihan Mandiri :

1. Merdeka Belajar

2. Kurikulum Merdeka

5 Jam

Pelatihan Mandiri

 

Materi 2 : Capaian Pembelajaran, Perencanaan Pembelajaran dan Asesmen

Materi ini dianjurkan untuk satuan pendidikan yang akan menggunakan Capaian Pembelajaran untuk sebagian atau seluruh mata pelajaran.

Tujuan Mempelajari Materi 2: 

  1. Memahami struktur Capaian Pembelajaran.
  2. Memahami penggunaan Capaian Pembelajaran (CP) untuk perencanaan pembelajaran dan asesmen.
  3. Memahami kebijakan terkait perencanaan pembelajaran, bahwa pendidik dapat mengembangkan alur tujuan pembelajaran secara mandiri atau menggunakan contoh yang disediakan dalam Platform Merdeka Mengajar.
  4. Memahami metode pengembangan alur tujuan pembelajaran.
  5. Memahami pembelajaran sesuai dengan tahapan peserta didik (teaching at the right level) serta implikasinya terhadap perencanaan pembelajaran dan asesmen. 

  

Materi Belajar yang Dapat Dirujuk 

Navigasi Akses Materi 

Estimasi Durasi

Menu di Platform Merdeka Mengajar

 Panduan Pembelajaran dan Asesmen

Menu Tentang Kurikulum Merdeka → Penerapan Kurikulum Merdeka → Panduan Pelaksanaan Kurikulum Merdeka 

-

Tentang Kurikulum Merdeka

Topik : Kurikulum Merdeka 

Modul 2 : Kurikulum Merdeka 

1 Jam

Pelatihan Mandiri

Topik : Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan dan Karakteristik Murid

Modul 1 : Memahami Murid

Modul 2 : Persiapan Pembelajaran Berdiferensiasi

2 Jam

Topik : Perencanaan Pembelajaran (sesuai jenjang)

Modul 2 : Membuat dan Memodifikasi Modul Ajar

1 Jam 15 menit

Dokumen-dokumen atau contoh-contoh ATP

Menu Tentang Kurikulum Merdeka → Penerapan Kurikulum Merdeka

-

Tentang Kurikulum Merdeka

Dokumen-dokumen atau contoh-contoh Modul Ajar 

Menu Perangkat Ajar (Pilih Mata Pelajaran dan Fase Yang Sesuai) 

-

Perangkat Ajar

Materi 3 : Asesmen

Materi ini dianjurkan untuk satuan pendidikan yang akan menggunakan Capaian Pembelajaran untuk sebagian atau seluruh mata pelajaran.

Tujuan Mempelajari Materi 3:

  1. Memahami kebijakan asesmen dalam Kurikulum Merdeka, bahwa asesmen yang dikuatkan adalah asesmen formatif.
  2. Memahami pentingnya asesmen formatif di awal untuk pembelajaran sesuai tahap capaian peserta didik (teaching at the right level).
  3. Memahami proses pengolahan dan pelaporan hasil asesmen.

Materi Belajar yang Dapat Dirujuk 

Navigasi Akses Materi 

Estimasi Durasi

Menu di Platform Merdeka Mengajar

 Panduan Pembelajaran dan Asesmen

Menu Tentang Kurikulum Merdeka → Penerapan Kurikulum Merdeka → Panduan Pelaksanaan Kurikulum Merdeka 

15 menit

Tentang Kurikulum Merdeka

Topik : Asesmen (Sesuai Jenjang)

Keseluruhan Modul

3,5 Jam

Pelatihan Mandiri

Membantu Praktik Asesmen Awal Pembelajaran

Menu Asesmen Murid Menu Perangkat Ajar (Pilih Mata Pelajaran dan Fase Yang Sesuai) 

-

Asesmen Murid

 Materi 4 : Struktur Kurikulum dan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP)

Materi ini  dianjurkan untuk satuan pendidikan yang akan menggunakan Kurikulum Merdeka dengan mengubah struktur kurikulum satuan pendidikan (mandiri berubah atau mandiri berbagi). Informasi cara mempelajari KOSP bisa dilihat di sini.

Tujuan Mempelajari Materi 4: 

  1. Memahami struktur Kurikulum Merdeka dan karakteristiknya secara umum, bahwa ada 2 komponen struktur, memahami pengaturan jam pelajaran serta mata pelajaran yang diajarkan.
  2. Memahami perbedaan struktur Kurikulum Merdeka dengan K13. 

Materi Belajar yang Dapat Dirujuk 

Navigasi Akses Materi 

Estimasi Durasi

Menu di Platform Merdeka Mengajar

 Lampiran I Kepmendikbudristek No. 56 Tahun 2022 :

- Tentang Struktur Kurikulum

- Bagian VI tentang Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP)

Platform Merdeka Mengajar : 

Menu Info Terkini (Pada Bagian Atas Halaman Beranda)

10 menit

Info Terkini

Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan (KOSP)

Menu Tentang Kurikulum Merdeka → Penerapan Kurikulum Merdeka → Panduan Pelaksanaan Kurikulum Merdeka

-

Tentang Kurikulum Merdeka 

Topik : Kurikulum Merdeka 

Modul 1 : Kurikulum

1 jam 

Pelatihan Mandiri

Topik : Perencanaan Pembelajaran (sesuai jenjang)

Modul 1 :  Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP)

1 jam

 Materi 5 : Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Materi ini dianjurkan untuk satuan pendidikan yang akan melaksanakan projek penguatan profil pelajar Pancasila

Tujuan Mempelajari Materi 5: 

  1. Memahami bahwa profil pelajar Pancasila adalah tujuan dari rangkaian kebijakan Merdeka Belajar termasuk Kurikulum Merdeka.
  2. Memahami bagaimana profil pelajar Pancasila dipelajari dalam lingkungan satuan pendidikan
  3. Memahami peran projek penguatan profil pelajar Pancasila dalam menguatkan upaya pengembangan karakter dan kompetensi dalam profil pelajar Pancasila.
  4. Memahami pengembangan modul projek penguatan profil pelajar Pancasila. 

Materi Belajar yang Dapat Dirujuk 

Navigasi Akses Materi 

Estimasi Durasi

Menu di Platform Merdeka Mengajar

 Lampiran I Kepmendikbudristek No. 56 Tahun 2022 tentang projek penguatan profil pelajar Pancasila

Platform Merdeka Mengajar : 

Menu Info Terkini (Pada Bagian Atas Halaman Beranda)

10 menit 

Info Terkini

Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Menu Tentang Kurikulum Merdeka → Penerapan Kurikulum Merdeka → Panduan Pelaksanaan Kurikulum Merdeka

15 menit

Tentang Kurikulum Merdeka

Keputusan Kepala BSKAP No. 009 Tahun 2022 tentang Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka 

Menu Informasi Terkini

-

Info Terkini

Topik : Profil Pelajar Pancasila (sesuai jenjang)

Modul 8 : Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran

6 jam

Pelatihan Mandiri

Contoh-contoh modul projek penguatan profil pelajar Pancasila

Menu Perangkat Ajar

-

Perangkat Ajar

 Materi 6 : Perangkat Ajar 

Materi ini dianjurkan untuk satuan pendidikan yang akan menggunakan Kurikulum Merdeka dengan mengubah struktur kurikulum satuan pendidikan (mandiri berubah atau mandiri berbagi)

Tujuan Mempelajari Materi 6:

  1. Memahami kebijakan tentang perangkat ajar yang dapat digunakan dan dikembangkan 
  2. Memahami fungsi dan pengembangan modul ajar
  3. Memahami fungsi dari Komunitas Belajar sebagai wadah untuk belajar, berkolaborasi, bersama-sama mengembangkan perangkat ajar, dan saling berbagi praktik baik dengan sesama rekan pendidik di daerah masing-masing

Materi Belajar yang Dapat Dirujuk 

Navigasi Akses Materi 

Estimasi Durasi

Menu di Platform Merdeka Mengajar

Topik : Perencanaan Pembelajaran

- Modul 1 : Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP)

- Modul 2: Membuat dan Memodifikasi Modul Ajar

2,5 jam

Pelatihan Mandiri

Topik : Perencanaan Pembelajaran (sesuai jenjang)

Modul 2 : Membuat dan Memodifikasi Modul Ajar

1 jam 15 menit

Dokumen-dokumen atau contoh-contoh Modul Ajar

Menu Perangkat Ajar (Pilih Mata Pelajaran dan Fase Yang Sesuai) 

-

Perangkat Ajar

3.       Aksi segera bertindak

Jangan ragu apalagi takut menyelenggarakan kurikulum merdeka telah ada narasumber yang bapak, ibu butuhkan kami siap berbagi praktik baik bersama narasumber SMAN 1 Gu Buton Tengah Provinsi Sulawesi Tenggara.

No

Nama Narasumber

Jabatan

No. HP. E-mail

1

Amruddin, S.Pd

Kepala Sekolah

0822-9071-8433

2

Agus, S.Pd

Wakasek Urusan kurikulum

0852-7041-6405

3

Imran, S.Pd

Wakasek Urusan Kesiswaan

0857-5717-5549

4

La Eru, S.Pd

Guru Matematika Senior

0822-9071-7227

5

Arla, S.Pd

Guru PKn Senior

0823-8115-5862

Silahkan berkabar… kami siap mendampingi ….. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK (GEM) oleh Agus, S.Pd

GELOMBANG ELETROMAGNETIK (GEM)                                                                                           Oleh : Agus, S.Pd ا...