12 Februari 2023

PROJECT BASED LEARNING (PBL) Fese-E

PROJECT BASED LEARNING (PBL)

 

Penulis : Agus, S.Pd

A.     Pengertian Projeck Based Lerning

Project based learning biasa disebut dengan projeck mata pelajaran adalah model pembelajaran yang dirancang untuk memberikan siswa kesempatan agar dapat mengembangkan pengetahuan dan keterampilan melalui proyek-proyek yang melibatkan tantangan dan masalah yang akan mereka hadapi dalam kehidupan sehari-hari. 

Model ini juga lebih menekankan pada efektivitas pembelajaran di mana siswa bisa menemukan solusi dari permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari secara langsung. 

Dengan begitu, siswa tidak hanya mendapat ilmu pengetahuan saja, tapi juga dapat mengasah soft skill, seperti berpikir kritis, problem solving, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi. 

Perlu diketahui bahwa penerapan project based learning setiap sekolah bisa berbeda-beda karena menyesuaikan dengan karakteristik siswa masing-masing.

 

 

B.     Contoh Model Projeck Based Learning.

 

Berikut adalah beberapa contoh atau model penerapan pembelajaran berbasis proyek dibidang sains.

 

1.      How to make a Generator at home – Easy

(Cara Membuat Genset Di Rumah – Mudah)

             https://youtu.be/GbehKJO8Q_U

 

2.      How to Make Waterwheel

(Cara Membuat Kincir Air)

https://youtu.be/BZZrDace_h0

 

3.            3.      Increíble Maqueta de Mini Generador Eólico para la Escuela

         (Mockup Generator Angin Mini yang Menakjubkan untuk Sekolah)

https://youtu.be/rFUkeqLT9xc

 

4.      How to make Steam Turbine

(Cara membuat Turbin Uap)

https://youtu.be/Ww6kpTQ-PaE

 

5.      How to make free energy Steam engine

(Cara membuat mesin uap energi gratis)

https://youtu.be/zCoyQ0HeE2c

 

6.      PLTA Aliran kecil daya besar

https://youtu.be/Lf3KEeDYS6w

 

7.      How to make an Electric Generator at Home - DIY mini Generator from Old CD

(Cara membuat Generator Listrik di Rumah - Generator mini DIY dari CD Lama)

https://youtu.be/IUVZ6GxMpms

 

8.      Cómo Hacer Un Mini Generador Eólico para la Escuela

(Cara Membuat Generator Angin Mini untuk Sekolah)

https://youtu.be/iFUNWl7TbBI

 

9.      Making Diy Wind Turbine || New Wind Turbine 2022

(Membuat Turbin Angin Diy || Turbin Angin Baru 2022)

https://youtu.be/V-vk7jMFKDA

 

10. How to make working model of a wind turbine from cardboard | school project

(Cara membuat model kerja turbin angin dari kertas karton | proyek sekolah)

https://youtu.be/JXYkjHKakGE

 

11. Membuat Pembangkit Listrik Tenaga Air Sederhana

https://youtu.be/D04ibsIP45Y

 

 

C.     Karakteristik Model Based Learning.

 

Penyelesaian projeck ini siswa diberi kebebasan untuk memilih projek yang akan di kerjakan dalam satu kelompok yang terdiri  dari 4 – 5 orang siswa dengan mempertimbangkan beberapa karakter sebagai berikut :

1.  Waktu atau durasi pekerjaan yang diberikan kepada siswa selama 2 minggu, dimana minggu pertama pemberian tugas, minggu kedua proses pembimbingan dan menyelesaikan kendala yang diperoleh di lapangan.

2.  Biaya atau anggaran yang dialokasikan untuk pekerjaan ini siswa disankan untuk memilih projeck yang murah serta mudah dikerjakan.

3.   Cakupan atau inovasi dan perubahan apa yang akan di hasilkan dalam projeck agar tepat sasaran sesuai dengan tema yaitu model energy alternative.

4.   Kualitas atau standar dari hasil projeck dimana siswa dihimbau untuk memilih bahan yang berkualitas namun tetap memanfaatkan bahan bekas.     

 Model energy alternative yang akan dikerjakan oleh siswa harus memiliki karakteristik antara lain :

a.  Dapat berfungsi sesuai penggunaannya, jika ada perubahan energy itu harus nyata.

b.  Kokoh (tidak mudah rusak sewaktu penggunaan) menggunakan bahan yang keras, lem yang kuat, paku, atau klep/jepit.

c.     Ada perubahan energi  yang terjadi pada model.

d.   Aman atau tidak berbahaya bagi keselamatan siswa maupun orang lain karena fisik atau non fisik seperti mengandung racun atau zat yang berbahaya.

e.     Memiliki identitas projeck yang terdiri dari nama model (saran berbeda dengan topik video panduan), kelas dan kelompok siswa, serta nama siswa.

f.   indah, memiliki seni pada sisi pengerjaan, pewarnaan dan ornamen lain.

 

 D.     Tujuan Pembelajaran

 

    Tujuan Pembelajaran :  Melalui pembelajaran deferensiasi siswa dapat membuat              alat / model projeck energy alternatif.

    Indikator Tujuan Pembelajaran : 

1. Siswa dapat membaca  artikel  yang berkaitan membuat alat/contoh merupakan  aplikasi  energy    alternative. melalui HP dengan moda link dan hardcopy  yang telah di bagikan oleh guru.

2. Siswa dapat  memahami langkah-langkah belanja alat dan bahan di pasar online yang terpercaya.

3. Siswa dapat memahami urutan kerja dan karakteristik bahan.

4. Siswa dapat menyambungkan bahan menggunakan lem, solder, paku, dan atau klep setiap bagian model.

5. Siswa dapat merancang kepraktisan, kekuatan  model alat yang dibuat.

6. Siswa dapat memperagakan cara penggunan model yang mereka buat.

          7. Siswa dapat menjelaskan perubahan-perubahan energy pada model 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK (GEM) oleh Agus, S.Pd

GELOMBANG ELETROMAGNETIK (GEM)                                                                                           Oleh : Agus, S.Pd ا...